Kamis, 29 Desember 2016

Inilah Bahaya Tangan dan Kaki Sering Kebas dan Kesemutan

Inilah Bahaya Tangan dan Kaki Sering Kebas dan Kesemutan,- Dalam ilmu kedokteran kebas atau kesemutan dikenal dengan nama parestesia. Gejala kesemutan merupakan suatu bentuk respon tubuh terhadap kerja pembuluh darah atau saraf, ketika saraf menghantarkan arus listrik ke bagian tubuh tertentu, saraf akan mengalami tekanan sehingga menyebabkan timbulnya kesemutan.

Sebenarnya kebas dan kesemutan sendiri bukanlah hal yang harus ditakuti. Karena gangguan ini merupakan hal yang normal terjadi peda manusia. Namun yang harus diwaspadai jika kebas dan kesemutan baik pada tangan, kaki atau kepala terjadi terus menerus atau dalam jangka waktu yang lebih lama dari biasanya.

Inilah Bahaya Tangan dan Kaki Sering Kebas dan Kesemutan


Inilah Bahaya Sering Kebas dan Kesemutan

Ada beberapa jenis penyakit kronis (berbahaya) yang bisa terdeteksi ketika Anda sering mengali kebas dan kesemutan, seperti diantaranya :
Kesemutan yang berkepanjangan bisa menjadi pertanda dari penyakit diabetes melitus. Penyakit diabetes melitus terjadi karena adanya gangguan kinerja hormon insulin pada tubuh. Gejala lain yang mengikuti kesemutan itu biasanya rasa panas seperti terbakar pada kaki, kadang juga disertai dengan rasa sakit seperti di tusuk-tusuk.
  • Stroke
Gejala stroke biasa timbul karena adanya penyumbatan pembuluh darah di otak hingga menyebabkan gangguan saraf. Gangguan tersebut menyebabkan seseorang mengalami kesemutan pada sebagian tubuh dan tidak jarang ditemukan kasus seseorang yang tadinya baik-baik saja lalu tiba-tiba di diagnosis mengalami stroke, bahkan pada sebagian kasus meyebabkan kematian jika penyumbatan terjadi di jantung.
Selain sroke, ada penyakit lain yang ditandai dengan sering kesemutan yaitu tumor otak. Biasanya penderita akan mengalami kesemutan yang disertai dengan gejala sering pusing (bahkan terus menerus), merasa mual dan muntah, kejang-kejang, bahkan sering pingsan.
  • Carpal Tunnel Syndrome
Sementara kesemutan yang dirasakan di ujung jari, bisa menjadi pertanda seseorang mengalami penyakit carpal tunnel syndrome. Biasanya penyakit ini ditandai dengan kesemutan dan diikuti dengan kebas pada jari. Hal tersebut terjadi karena kurangnya asupan nutrisi ke daerah tersebut.
  • Multiple Sklerosis
Penyakit yang mempengaruhi otak dan sumsum tulang belakang. Jika kinerja saraf terganggu, otomatis akan terjadi kesemutan pada tubuh. Jika kesemutan dalam jangka waktu yang lama dan tak kunjung sembuh, maka periksakan diri anda ke dokter. Apabila gejala ini berlangsung lama tanpa ada penanganan yang tepat bisa saja Anda mengalami kelumpuhan.
  • Saraf Kejepit
Penyakit ini timbul karena tekanan yang terjadi pada bagian saraf. Ada bagian saraf yang keluar dari jalurnya sehingga menekan bagian saraf lannya. Saraf kejepit ini biasanya terjadi pada bagian leher dan pinggang. Jika terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama bisa mengganggu aktivitas, kadang bagian-bagian tersebut tidak dapat digerakan.

Meskipun kesemutan hanya bersifat sementara, tapi kesemutan bisa menjadi pertanda bahwa tubuh anda sedang dalam keadaan yang tidak fit. Berbagai penyakit yang ditandai dengan kesemutan bisa dicegah. Secara umum penyakit tersebut juga dapat mencegah timbulnya penyakit lain. Untuk pencegahannya anda harus menjaga pola makan, memperhatikan nutrisi yang terkandung di dalam makanan, tidak merokok dan melakukan olahraga secara rutin.

Untuk Anda yang sering mengali kesemutan dan sedang mencari pengobatan, kami pastikan anda berada di website yang tepat dalam mengobati kebas dan kesemutan yang sedang Anda derita. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa kunjungi Cara Mengobati Kemas dan Kesemutan

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Artikel lainnya : Obat Radang Sendi Di Apotik

Inilah Bahaya Tangan dan Kaki Sering Kebas dan Kesemutan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

obat asma bronkial