Jumat, 16 Desember 2016

Ciri Ciri Sakit Pinggang Akibat Penyakit Ginjal

Ciri Ciri Sakit Pinggang Akibat Penyakit Ginjal,- Sakit pinggang adalah keluhan yang sangat umum dialami oleh semua orang tanpa mengenal usia. Tapi meski demikian, sakit pinggang bukanlah penyakit yang disepelekan. Ketika Anda mengalami sakit pinggang kronis, aktivitas keseharian anda akan terganggu. Agar bisa mengobatinya, Anda harus mengetahui penyebab dari sakit pinggang itu sendiri.

Jika penyebab hanya karena komplikasi kecil pada otot atau tulang mungkin bisa hilang dengan mengkonsumsi obat dari dokter, namun Anda perlu waspada jika penyebabnya dalah penyakit ginjal. Meski tidak selalu, salah satu gejala penyakit ginjal adalh timbulnya rasa sakit pada pinggang.

Ciri Ciri Sakit Pinggang Akibat Penyakit Ginjal


Ciri Ciri Sakit Pinggang Akibat Penyakit Ginjal

Sakit pinggang karena ginjal memiliki ciri-ciri tersendiri, meskipun pada dasarnya hampir ciri-ciri yang diberikan tubuh atau gejala yang dirasakan oleh tubuh akibat sakit ginjal sama dengan sakit maag atau karena kelelahan. Adapun ciri-ciri yang dirasakan oleh penderita ginjal pada pinggangnya adalah sebagai berikut :

  • Rasa Nyeri Yang Bersifat Tolik
Nyeri tolik adalah nyeri yang dirasakan dibagian dalam, artinya nyeri ini dirasakan pada bagian pinggang sebelah dalam. Dengan penderita yang merasakan gejala ini akan merasakan sakit yang menjadi-jadi, bakhan ketika rasa sakit yang bersifat tolik ini penderita bisa saja tidak mampu untuk menahannya, sehingga penderita akan merasakan kesakitan bahkan sampai berguling-guling.

Nyeri pinggang yang terletak dibagian belakang sebelah samping ini menandakan bahwa Anda sedang terkena penyakit ginjal, tetapi ini juga bukan hal yang pasti, atau hal yang konkret untuk menyatakan bahwasannya Anda terkena penyakit ginjal.

  • Nyeri Pinggang saat Buang Air Besar
Selain dari rasa sakit pinggang yang dirasakan secara tiba-tiba, sakit saat buang air besar juga merupakan pertanda menderita penyakit ginjal, untuk itu Anda harus peka dan respek dengan apa yang dirasakan, jangan menganggapnya hanya hal yang sepele, karena bisa saja hal itu akan membawa masalah yang lebih bahaya ketika Anda tidak merawatnya dengan baik, ketika tidak segera mengobatinya.

  • Nanah dan Darah saat Buang Air Kecil
Selain itu ketika merasa sakit pinggang dan ketika sedang buang air kecil, Anda mengeluarkan sedikit darah atau nanah, itu bisa dikatakan bahwa itulah salah satu tanda bahwa sakit pinggang yang dirasakan itu adalah sakit karena ginjal. Hal ini terjadi karena ginjal tidak mampu mengelola zat-zat yang harus dikeluarkan dengan baik sehingga pada saat kencing akan keluar nanah.


  • Aroma Tidak Sedap pada Urine
Hal ini juga disebabkan karena urine tidak dapat diolah dengan baik oleh ginjal, sehingga urine akan mengeluarkan bau tak sedap, selain itu hal ini juga akan disusul dengan rasa sakit ketika sedang buang air kecil yaitu rasa sakit pada pinggang. Untuk itu Anda sangat perlu menjaga kesehatan ginjal, untuk menjaga kesehatan ginjal dapat melakukan konsumsi air putih minimal 2 liter setiap harinya, dan tentu harus rajin berolahraga agar tubuh tetap menjadi sehat.

  • Rasa Mual Karena Nyeri
Ketika merasakan nyeri pada pinggang, kemudian disusul dengan rasa mual pada perut, atau rasa pahit di mulut, ini juga salah satu ciri bahwa Anda tidak hanya sakit pinggang karena kecapekan atau hal-hal yang lainnya, tetapi hal ini adalah salah satu tanda bahwa sedang terserang atau sedang memiliki gejala penyakit ginjal. Meskipun saat itu merasakan mual saat merasakan nyeri pada pinggang Anda ini juga salah satu tanda bahwa sedang terkena maag, jadi Anda harus mampu untuk membedakan apakah ini sakit karena ginjal atau sakit karena maag.

  • Selalu Merasa Ingin Muntah
Selain rasa mual yang dirasakan ketika pinggang sakit dan juga merasakan selalu ingin muntah meskipun pada dasarnya masih sulit ketika ingin muntah, hal ini biasanya hanya sebagai efek dari perut yang tidak bisa menahan dari pengelolaan yang tidak baik akibat ginjal tidak berfungsi dengan baik, dengan begitu ketika Anda selalu ingin merasa muntah, usahakan untuk menyediakan air minum hangat agar rasa ingin muntah pada perut akan berkurang.

  • Lebih Sering Buang Air Kecil
Memang ketika ginjal sakit atau sakit pinggang karena ginjal ini akan membuat si penderita lebih sering buang air kecil atau yang biasa disebut dengan beseran, ketika Anda merasakan beseran atau bolak-balik ke kamar mandi karena ingin buang air kecil ini terus menerus bisa jadi itu adalah salah satu pertanda bahwa Anda menderita penyakit ginjal, bersegeralah untuk mengobati diri agar tidak fatal akhirnya. Sehingga ginjal Anda akan mampu tertolong.


  • Sakit Pinggang Disertai Tegang pada Perut
Jenis sakit pinggang lain yang menandakan bahwa terkena penyakit ginjal adalah ketika merasakan sakit pada pinggang yang disertai dengan rasa tegang pada perut, atau ketika perut selalu merasa kencang seperti ketika sedang haid. Sebenarnya rasa sakit ini dapat dikurangi dengan memperbanyak konsumsi air mineral sehingga kondisi ginjal sedikit demi sedikit akan pulih.

  • Rasa Nyeri Bagian Punggung Bawah
Nyeri pada punggung bagian bawah ini juga tanda bahwa Anda sedang terkena gejala sakit ginjal, untuk itu harus benar-benar mengenali gejala apa yang sedang dialami ini agar mampu menangani sakit ginjal yang terjadi pada diri Anda.

  • Nyeri pada Bagian Saraf Menuju Bokong
Hal ini hampir sama rasanya ketika sedang haid, saat haid syaraf pada perut akan merangsang saraf-saraf yang lain sehingga ada beberapa bagian saraf merasa sakit, terutama pada syaraf bokong. Hal ini disebabkan karena rangsangan saraf-saraf pada perut yang tidak mampu bekerja dengan baik sehingga membuat nyeri pada bagian saraf menuju bokong.

  • Bagian Pinggang yang Nyeri Berwarna Merah Muda
Tanda yang agak tampak adalah ketika merasakan sakit ginjal di beberapa bagian pinggang akan merasa nyeri dan pada bagian pinggang yang merasa nyeri itu akan berwarna merah muda

Jika anda ingin mengatahui secara pasti bahwa gejala sakit pinggang tersebut diakibatkan karena penyakit ginjal, maka anda harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dokter akan melakukan USG dan X-Ray agar bisa memberikan hasil diagnosa yang tetap.

Yang perlu anda ingat, penyakit ginjal sering tidak menimbulkan gejala apapun sehingga banyak orang yang mengabaikannya. Banyak penderita mengalai penyakit ginjal setelah gejalanya sudah parah. Untuk itu perlu diperhatikan ciri-ciri di atas agar dapat mengobati sakit ginjal itu sebelum menjadi sakit yang lebih parah dan akhirnya akan gagal ginjal. Maka jangan pernah sekali sekali menyepelekan sakit yang Anda rasakan, bisa jadi hal itu adalah tanda sakit yang parah.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat


Ciri Ciri Sakit Pinggang Akibat Penyakit Ginjal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

obat asma bronkial