Kamis, 26 Januari 2017

Efek Negatif Terlalu Banyak Minum Kopi

Efek Negatif Terlalu Banyak Minum Kopi



Efek Negatif Terlalu Banyak Minum Kopi,- Pagi-pagi atau sore mongkrong bareng teman-teman enaknya di temenin secangir kopi sambil cepika cepiki uhh mantap. Kopi memang menjadi minuman yang paling digemari di seluruh dunia, khususnya di negeri kita tercinta Indonesia. Jika dulu kebanyakan penggemar kopi adalah orang dewasa, maka sekarang ini kopi banyak banyak diminati oleh kawula muda. Maka dari itu, meminum kopi itu sendiri sudah dijadikan suatu kegemaran yang rutin dilakukan.

Efek Negatif Terlalu Banyak Minum Kopi
Banyak yang beranggapan apabila minum kopi akan membuat tubuh menjadi lebih fresh dalam menjalankan aktivitas keseharian dan membuat rasa kantuk menjadi hilang. Namun perlu juga diketahui, bahwa minum kopi dapat mengganggu kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan khususnya kopi hitam seperti dapat menyebabkan susah buang air besar, menyebabkan gigi menjadi kuning dan karang gigi. Hal ini disebabkan karena kandungan kafein yang terkandung dalam kopi

Pada umumnya kopi mengandung kahweol dan cafestol yang merupakan bahan kimia yang yang dapat meningkatkan kolesterol. Bahan kimia imi lebih tinggi dalam kopi tanpa kafein dan kopi tanpa filter seperti espresso. Terlalu banyak kafein juga dapat menyebabkan insomnia, masalah pencernaan dan tremor otot.

Efek Negatif Terlalu Banyak Minum Kopi Hitam


Selain dari dampak negatif tersebut di atas masih ada beberapa efek samping minum kopi jika dikonsumsi secara berlebihan antara lain adalah :

  • Insomnia
Efek samping yang paling umum dari minum kopi yang terlalu banyak adalah  insomnia atau sulit untuk tidur. Efek ini ditimbulkan karena cara kerja kafein dalam tubuh adalah untuk meningkatkan konsentrasi dan kecepatan reaksi tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi kopi secara rutin dalam setiap harinya akan membuat pria berubah gaya hidup dan suasana hatinya, termasuk juga waktu tidurnya menjadi berkurang.

  • Menmpengaruhi Kerja Jantung
Dengan memilikikandungan kafein yang tinggi, kopi dapat mempengaruhi sistem kordiovaskular seperti peningkatan kerja jantung.Dan efek samping minum kopi ini akan terjadi jika Anda terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi kopi. Banyak penelitian telah dilakukan untuk melihat apakah ada hubungan langsung antara kafein, minum kopi dan penyakit jantung koroner. Sebuah meta analisis terbaru telah menunjukan bahwa minum kopi 1-4 cangkir perhari memiliki risiko terkena gagal jantung.

  • Tekanan Darah Tinggi
Menurut study dari Charalambos Vlachopoulos, MD, dalam studi tersebut, kafein dengan cepat meningkatkan kekakuan arteri besar pada orang dengan tekanan darah tinggi. Kafein tajam dapat meningkatkan tekanan darah, bahkan untuk individu yang tekanan darah biasanya normal. Mengkonsumsi kopi sepenuhnya berkafein secara substansial dapat meningkatkan tekanan darah Anda, meskipun beberapa orang lebih sensitif terhadap efek kafein daripada yang lain.

Kandungan kafein pada kopi juga memiliki dampak terhadap ketegangan pada ginjal. Hal ini dikarenakan kafein merupakan stimulan yang dapat merangsang sirkulasi darah sehingga dapat meningkatkan tekanan darah dan stres pada organ ginjal. Sebuah  hasil studi Ginjal Internasional pada tahun 2002, menunjukkan bahwa mengkonsumsi kafein dalam jangka panjang akan memperparah penderita gagal ginjal kronis. Selain itu juga mengkonsumsi kafein juga memiliki hubungan dengan pembentukan batu ginjal dengan meningkatkan kalsium ekskresi dalam urin.

Kolesterol merupakan salah satu pemicu penyakit berbahaya. Bagaimana kopi bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh? Ternyata mengonsumsi kopi krimer terlalu sering sama halnya dengan kita memasukkan kolesterol kering dalam tubuh karena memiliki sifat yang sama, yakni tidak bisa dicerna oleh tubuh.

Diabetes tipe 2 adalah salah satu penyakit yang banyak di derita oleh masyarakat di Dunia. Banyak para ahli berpendapat bahwa mengkonsumsi minum kopi atau kafein dapat memicu naiknya gula darah dan juga tingkat insulin. Dimana satu gelas kopi mengandung 100 miligram kafein yang cukup memberikan dampak buruk terhadap gula darah dalam tubuh. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat dan penurunan sensitivitas insulin yang berpotensi terjadinya penyakit diabetes tipe-2.

  • Gangguan Pencernaan
Kafein juga dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan pencernaan. Orang yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi minuman berkafein sering melaporkan sakit perut atau gangguan pencernaan. Apalagi meminumnya dalam keadaan perut masih kosong atau belum mengkonsumsi makanan apapun.

  • Gastritis
Gastritis adalah kondisi di mana ada peradangan di dalam perut. Penyebabnya beragam, namun kondisinya diperparah dengan asupan kafein yang bisa diperoleh dari kopi hitam, green tea, soft drinks, cokelat atau makanan yang meningkatkan asam di dalam lambung.

  • Kerusakan Pada Tulang
Setiap mengkonsumsi sekitar 350 mg kafein akan mengurangi jumlah kalsium di tubuh sebanyak 5 mg. Maka dari itu, mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak akan berbahaya bagi kesehatan tulang, karena akan menyebabkan pengeroposan pada tulang.

Menurut Drugs.com, kafein adalah obat yang secara langsung mempengaruhi sistem saraf pusat, menyebabkan rangsangan, lebih banyak energi dan kewaspadaan mental. Kafein dalam kopi dapat menekan keluar kelenjar adrenal, organ berbentuk bulat yang berada beberapa inci disekitar ginjal pada sisi posterior tubuh tepat di daerah punggung bawah.

  • Kesuburan Wanita
Supaya sel telur sampai ke rahim maka diperlukan kontraksi saluran telur, saluran ini akan terhambat apabila kita terlalu banyak mengkonsumsi kafein. Maka dari itu, kafein yang terkandung dalam kopi bisa m,erusak jalur transfirtasi sel telur dari ovarium menuju rahim.

Demikian informasi mengenai efek negatif terlalu banyak minum kopi bagi tubuh. Apabila Anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi kopi lebih dari 3 gelas perhari, alangkah baiknya untuk segera dikurangi jika tidak ingin bahayanya menghampiri Anda.

Terima kasih telah berkunjung, semoga artikel kesehatan kali ini bermanfaat untuk Anda. Salam sehat.



Efek Negatif Terlalu Banyak Minum Kopi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

obat asma bronkial