Rabu, 18 Januari 2017

Ini Olahraga Yang Cocok Untuk Penderita Radang Sendi

Ini Olahraga Yang Cocok Untuk Penderita Radang Sendi,- Penderita arthritis atau radang sendi menghindari olahraga karena berbagai sebab, beberapa di antaranya takut persendiannya sakit atau mengalami cedera, sebagian lagi enggan mengubah gaya hidupnya. Jelas Donna Everik dari Assiation of Rheumatology Health Professionals. Tidak aktif secara fisik justru akan memperparah kondisi mereka yang mengalami radang sendi. Beberapa penyakit akan lebih mudah datang, seperti diabetes tipe II, penyakit kardiovaskular, otot lemah, sendi kaku juga akan mempengaruhi keseimbangan.

Olahraga secara teratur dapat mengurangi nyeri sendi lutut. Bahkan seiring berjalannya waktu, dapat membantu meredakan rasa nyeri, kaku dan bengkak. Selain itu, olahraga dapat memperkuat otot-otot pendukung sendi sehingga dapat membantu meredam benturan. Olahraga yang teratur juga bermanfaat untuk menjaga jangkauan gerak sendi agar tetap dalam keadaan normal.

Ini Olahraga Yang Cocok Untuk Penderita Radang Sendi


Meski olahraga penting bagi pendertita radang sendi, tapi tepat saja harus diperhatikan jenis olahraga yang aman bagi mereka. Tidak semua jenis olahraga dapat di lakukan, Anda juga harus berhati-hati saat memutuskan untuk berolahraga. Agar tidak salah pilih, berikut petunjuk olahraga yang cocok dan aman untuk penderita arthritis :

  • Aerobik
Ini Olahraga Yang Cocok Untuk Penderita Radang Sendi
Aerobik merupakan jenis latihan yang melibatkan otot tubuh cecara berulang dan dengan ritme yang teratur. Gerakan aerobik yang baik untuk penderita radang sendi adalah berjalan, menari aerobik, latihan aquatic, bersepeda atau latihan dengan bantuan alat seperti sepeda statis dan treadmill. Latihan aeronik selama 150 menit dalam satu minggu adalah frekuensi dan waktu yang disarankan untuk penderita arthritis.

  • Body Awareness
Ini Olahraga Yang Cocok Untuk Penderita Radang Sendi
Body Awareness merupakan aktivitas yang berfungsi memperbaiki postur tubuh, keseimbangan, koordinasi dan relaksasi. Taichi dan yoga adalah contoh jenis latihan 'body awareness'. Latihan ini menggabungkan berbagai elemen dalam kesadaran tubuh dan jadi bagian yang sangat berguna dalam program latihan bagi penderita arthritis.

  • Fleksibilitas
Ini Olahraga Yang Cocok Untuk Penderita Radang Sendi
Olahraga yang melibatkan fleksibilitas tubuh akan membantu meningkatkan dan mempertahankan kelenturan sendi dan otot sekitarnya. Keuntungan lain yang di dapat dari latihan ini adalah memperbaiki postur tubuh dan mengurangi resiko cedera otot pilates atau yoga merupakan contoh dari olahraga kelenturan tubuh.

  • Olahraga Air
Ini Olahraga Yang Cocok Untuk Penderita Radang Sendi
Salah satu olahraga yang dianjurkan bagi penderita radang sendi adalah olahraga air. Selain baik dilakukan oleh penderita radang sendi, olahraga air juga sering digunakan untuk membantu mereka yang sedang dalam rehabilitasi usai penggantian sendi. Berikut macam-macam olahraga air yang baki untuk penderita radang sendi seperti :
  1. Berenang
  2. Aerobik Air
  3. Berjalan Dalam Air
  4. Olahraga Air Dalam
Olahraga dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan dan kebugaran tanpa menyekiti sendi. Dengan Anda melakukan olahraga secara rutin dan teratur, Anda akan dapat :
  • Memperkuat otot-otot sekitar sendi
  • Membantu mempertahankan kekuatan tulang
  • Memberikan lebih banyak energi untuk melewati hari
  • Membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan tidur malam yang baik
  • Membantu mengendalikan berat badan
  • Meningkatkan kualitas hidup
  • Meningkatkan keseimbangan
Itulah beberapa Olahraga Yang Cocok Untuk Penderita Radang Sendi. Informasi ini bertujuan untuk melengkapi, bukan menggantikan saran dari dokter atau kesehatan penyedia dan tidak bermaksud untuk mencakup semua kemungkinan penggunaan, tindakan pencegahan, interaksi atau efek samping.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat


 Ini Olahraga Yang Cocok Untuk Penderita Radang Sendi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

obat asma bronkial